Find It

Menumbuhkembangkan Jiwa Entrepreneurship Mulai Dari Kehidupan Di Kampus



Sebagai mahasiswa, diminta untuk lebih berani untuk memulai hal-hal yang baru, yaitu usaha-usaha baru, yang sekiranya dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Setiap usaha baru, pasti memiliki kendala-kendala tersendiri dan resiko akan kegagalan. Namun hal itu seharusnya bukan menjadi penghalang bagi kita untuk memulai usaha tersebut, melainkan harusnya menjadi pemicu bagi kita untuk berusaha lebih giat lagi. 

Sebagai calon entrepreneur yang akan membuka usaha baru di masa mendatang, kita harus berani mengambil resiko (risk taker) dan jangan hanya berdiam di zona nyaman (comfort zone) saja. Selain itu, untuk dapat menjadi pribadi yang lebih baik, terdapat juga beberapa watak yang perlu dikembangkan, seperti bertaqwa, fleksibel, keterbukaan, ketegasan, berencana, mandiri, toleransi, disiplin, berani ambil resiko, sportif, setia kawan, integritas, serta orientasi masa depan-penyelesaian tugas.
 
Untuk menjadi entrepreneur, tentu saja terdapat beberapa tantangan, khususnya dalam bidang teknologi. Teknologi yang semakin maju seolah-olah membuat semua produk yang dapat diciptakan telah diciptakan. Belum lagi terdapat beberapa saingan dari produsen-produsen yang sudah lama menguasai pasar.  Akan tetapi, sebagai seorang entrepreneur, kita harus memiliki strategi baru dalam menghadapi hal-hal tersebut. Kita harus menambah nilai-nilai yang baru pada usaha yang akan kita kembangkan, sehingga usaha kita menjadi unik, orang-orang akan tertarik, serta memiliki nilai jual di pasar. Nilai tersebut adalah added value. Untuk dapat menghasilkan added value tersebut, kita harus berpikir lebih kreatif dan inovatif lagi, sehingga kita dapat melihat setiap hal yang dapat menjadi celah baru untuk dikembangkan dari setiap produk yang ada.
 
Untuk membuka usaha yang baru, memang kita harus berani mengambil resiko, karena sejatinya, resiko itu pasti ada, meskipun kita berdiam diri. Oleh karena itu, kita tidak boleh takut untuk memulai sesuatu yang baru, seperti menciptakan produk-produk yang baru – menjadi seorang entrepreneur.

0 komentar:

Posting Komentar

Belajar Mengubah Hidup Dengan Bisnis Online

Belajar Mengubah Hidup Dengan Bisnis Online
Mengubah Hidup Dengan Membaca Rahasia Perjuangan Hidup Orang Lain? Kenapa Tidak?!